Strainer

Saringan untuk RAC dibuat dari pipa tembaga, yang besar dan panjangnya tergantung dari keperluannya. Biasanya dibuat dari pipa ukuran 5/8” atau 3/3” OD. Kedua ujung dikecilkan, yang satu untuk pipa kapiler dan ujung yang lainnya untuk pipa keluaran dari kondensor, dengan ukuran 1/4", 5/16” atau 3/8” ID, yang didalamnya diberi saringan yang berbentuk kantung dari bahan tembaga, monel atau broze dengan diameter kawat (0,004 – 0,005) inchi, ukurannya (100 – 120) mash, yang artinya pada tiap inch panjangterdapat (100 – 120) kawat.
Jadi dalam I inch persegi terdapat 10.000 – 14.400 lubang. Saringan gunanya untuk menyaring kotoran-kotoran didalam sistim, umpamanya: potonga timah, kerak, karat dan lainnya agar tidak masuk kedalam pipa kapiler atau alat ekspansi lainnya.


Saringan harus menyaring semua kotoran didalam sistim, tetapi tidak boleh menyebabkan penurunan tekanan atau membuat sistim menjadi buntu. Jika kompresor hermetic rusak atau motornya terbuka, maka saringan harus ditukar dengan yang baru. Pada waktu menyambung saringan, bagian keluar dari saringan yang akan disambung dengan pipa kapiler harus dikerjakan lebih dahulu dan pipa kapiler harus dimasukkan (1,5 – 2) cm, jika mungkin sampai 3 cm, agar pada waktu dibrazing tidak sampai menjadi buntu.

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar