Info Termo : Kenapa Pop Corn Meletup saat di masak

thumbnail 

Kebanyakan orang menikmati popcorn saat menyaksikan film. Namun beberapa peneliti Prancis justru menganggap popcorn sebagai bahan studi yang perlu dicari penjelasannya. Dalam studi yang diterbitkan pada Rabu (11/02), insinyur​ Emmanuel Virot dan Alexandre Ponomarenko melakukan percobaan tak biasa. Mereka mencari tahu apa yang membuat popcorn meletup (pop). Kamera yang merekam 2.900 frame per detik membantu menunjukkan apa yang terjadi saat biji jagung mulai mengembang. Berdasarkan temuan peneliti, saat suhu mencapai 100 derajat Celcius, beberapa bagian lembab dalam jagung mulai berubah jadi uap. Ketika suhu naik menjadi 180 derajat Celcius, tekanan meningkat sekitar 10 bar atau 10 kali lipat atmosfir pada permukaan laut. 
Karena tidak dapat menahan tekanan, kulit luar jagung pecah dan terbuka. Ini menyebabkan penurunan tekanan yang akhirnya memaksa bagian dalam berpati pada biji jagung jadi mengembang dan menonjol keluar. "Kami menemukan bahwa suhu kritis adalah sekitar 180 derajat Celcius, terlepas dari ukuran atau bentuk grain," Emmanuel tutur Virot, aeronautical engineer di Ecole Polytechnique, seperti dilansir dari AFP (11/02/2015).
Hal pertama yang muncul dari kulit yang retak adalah struktur berbentuk anggota tubuh, yaitu "kaki" (leg). Struktur tersebut bersentuhan dengan permukaan panci dan mulai menekan di dalam panas.  Adanya ketegangan dan pelepasan, "kaki" menyebabkan jagung melompat dengan ketinggian mulai dari beberapa milimeter sampai sentimeter. Kemudian muncullah "letupan" (pop) dari pelepasan tiba-tiba uap air. Beberapa milidetik kemudian, butiran dari dalam melebar untuk membentuk serpihan seperti spons. Evolusi dari fraktur menjadi serpihan memakan waktu kurang dari 90 milidetik - 0,09 detik. Hasil letupan popcorn ini dianggap kombinasi menarik termodinamika dan mekanika fraktur, bukan hanya ledakan dari gas terpendam. Studi mengenai popcorn tersebut muncul dalam jurnal Inggris, Royal Society Interface.

sumber: http://food.detik.com/read/2015/02/11/120521/2829787/297/inilah-alasannya-popcorn-meletup-letup-saat-dimasak

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar